
1. Komputer akuisisi modalitas mungkin perlu di-boot ulang
Terkadang layanan DICOM dalam stasiun kerja lokal terhenti. Layanan dapat dimulai ulang di pengelola tugas windows jika Anda mengetahuinya. Namun, izin ini biasanya dikunci dan hanya dikelola oleh vendor modalitas. Jadi, reboot stasiun saja sudah cukup. Matikan, hidupkan! TETAPI! Besar tapi! Anda harus yakin gambar disimpan dan tidak akan hilang saat reboot. Jika Anda tidak mengetahui hal ini, hubungi teknisi biomedis atau teknisi layanan lapangan vendor MRI. Jika reboot tidak menyelesaikan masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.
2. Modalitasnya tidak terhubung ke jaringan
Terkadang hal ini sesederhana mencabut kabel jaringan. Pastikan untuk memeriksa di belakang komputer akuisisi. Pastikan kabel Ethernet terpasang dengan benar. Kemudian jalankan command prompt windows di komputer. Lakukan ping jaringan server PACS dengan memasukkan kata ping. Diikuti dengan alamat IP. Jika ping jaringan gagal maka mungkin ada masalah jaringan. Hubungi administrator jaringan Anda untuk pemecahan masalah lebih lanjut. Jika ada koneksi jaringan yang valid namun pengiriman gagal, lanjutkan ke langkah berikutnya.
3. Modalitas tidak terhubung ke server PACS
Agar gambar DICOM dapat disimpan dari modalitas ke PACS, modalitas tersebut harus memiliki konektivitas DICOM ke server PACS. Bukan hanya koneksi jaringan. Tapi asosiasi DICOM. Jika tidak, transmisi gambar akan gagal. Untuk menguji koneksi ini, Anda dapat melakukan DICOM C-ECHO. Tombol ini biasanya terdapat di UI konfigurasi perangkat lunak MR. Anda juga dapat memulai C-ECHO dari PACS Anda ke Modalitas. C-ECHO mengonfirmasi bahwa tidak hanya ada koneksi jaringan yang valid, namun juga koneksi DICOM yang valid. Modalitas harus mengetahui siapa PACSnya, dan PACS harus mengetahui siapa modalitasnya. Mereka harus memiliki nama dan alamat masing-masing. Atau dikenal sebagai Judul A.E., I.P. alamat dan Pelabuhan. Jika salah satu dari ketiga nilai ini baru saja diubah, DICOM C-ECHO akan gagal. Jika terdapat koneksi DICOM yang valid namun Anda masih tidak dapat menyimpan ke PACS, lanjutkan ke langkah berikutnya.
4. Alamat IP pada modalitas diubah
Hal ini cukup umum terjadi ketika komponen komputer yang terhubung ke modalitas MR telah diubah, ditukar, atau ditingkatkan. Jika teknisi mengalami masalah dengan perangkat lunak, vendor dapat mengganti kartu antarmuka jaringan. Atau bahkan seluruh komputer. Dalam beberapa kasus, mengatur ulang atau memutakhirkan perangkat lunak dapat menghapus konfigurasi saat ini. Apa pentingnya konfigurasi saat ini. Judul AE, Port, dan alamat IP MR harus tetap konstan agar PACS dapat menerima gambar darinya. Perubahan apa pun dapat menyebabkan MR kehilangan alamat IP statisnya. Itu bisa saja defaultnya ke DHCP. Jika alamat IP lain diberikan ke MR, maka MR tidak akan terhubung ke PACS. Namun dalam skenario ini, teknisi mengatakan sistem telah berfungsi hari ini. Jadi mungkin bukan ini masalahnya. Mari kita lanjutkan.
5. Server PACS sedang down atau tidak merespons
Jika server PACS sedang down atau offline, gambar tidak akan dapat disimpan dari modalitas apa pun. Dalam beberapa kasus, server DICOM mungkin online tetapi server penyimpanan mungkin mengalami masalah – menyebabkan kegagalan penyimpanan. Dengan kata lain, bagian PACS yang bertanggung jawab menerima gambar DICOM masih dapat aktif menerima gambar. Namun, mungkin ada masalah penyimpanan internal dalam PACS yang menyebabkan gambar tidak dapat dilihat di penampil PACS – yang menyebabkan keluhan dari pengguna akhir bahwa tidak ada gambar yang disimpan. Hal ini akan mengesampingkan modalitas yang menjadi akar masalahnya. Anda dapat menguji teori ini dari modalitas. Dengan mengirimkan gambar yang sama dari MR ke tujuan DICOM alternatif. Seperti VNA, aplikasi Pasca Pemrosesan 3D, atau PACS Cadangan. Jika gambar tersedia di sistem alternatif, mungkin masalahnya ada pada PACS. Uji juga apakah modalitas lain dapat dikirim ke PACS. Kiat profesional. Periksa log kesalahan di PACS Anda untuk mencari alasan pasti mengapa transfer gagal. Jika Anda tidak menemukan kesalahan apa pun dengan PACS, lanjutkan ke langkah berikutnya.
6. Jaringan PACS untuk sementara down atau mengalami packet loss
Agar gambar dapat dikirim, sambungan tidak boleh terputus. Jika jaringan mati sementara selama transfer.. atau jika ada paket yang hilang, gambar mungkin rusak. Hal ini tidak selalu terjadi tetapi mungkin saja terjadi. Gambar yang rusak mungkin telah ditransfer tetapi menjadi tidak dapat dilihat atau tidak tersedia di perangkat lunak PACS. Jika hal ini terjadi, hapus gambar di PACS. Kemudian kirim ulang dari modalitas. TETAPI! Besar Tapi sekali lagi! Pastikan salinan asli masih tersedia pada modalitas untuk dikirim ulang SEBELUM menghapus data pasien. Konfirmasikan juga kebijakan dan prosedur situs Anda sebelum penghapusan apa pun. Jika pengiriman ulang tidak berhasil, coba langkah berikutnya.
7. Router DICOM sedang down atau tidak berfungsi dengan baik
Beberapa organisasi menggunakan router DICOM di antara modalitas dan PACS. Router dapat digunakan karena beberapa alasan. Untuk mengubah tag DICOM pada transfer. Untuk memuat keseimbangan. Untuk memblokir jenis gambar tertentu. Untuk mengirim gambar tertentu ke tujuan berbeda berdasarkan jenis file atau metadata. Pastikan router DICOM online dan pastikan tidak ada perubahan aturan terkini. Pastikan penambahan peraturan baru tidak mempengaruhi peraturan sebelumnya. Pastikan juga tidak ada masalah koneksi antara router dan PACS. Jangan gunakan router DICOM? Berikutnya.
8. Masalah Firewall
Meskipun bukan masalah umum pada jaringan internal, mungkin saja tim jaringan telah melakukan perubahan pada pengaturan firewall. Konfirmasikan dengan tim yang sesuai bahwa tidak ada firewall yang memblokir port mana pun.
9. Tag DICOM pada gambar salah atau tidak lengkap
Ada kemungkinan metadata pada tag DICOM untuk penelitian khusus ini tidak valid. Mungkin ada perubahan pada urutan asli pada RIS yang menyebabkan penulisan data pada tag DICOM tidak valid. Anda harus menjalankan gambar melalui validator DICOM untuk mengonfirmasi. Atau mungkin temukan ini dari log kesalahan di PACS. Bukan masalahnya? Mari kita coba langkah berikutnya.
10. Gambar DICOM tidak didukung
Bagaimana ini bisa terjadi? Semua gambar sebelumnya dikirim hari ini. Terkadang pengaturan untuk mengubah jenis file gambar dapat dilakukan dengan menekan tombol sederhana di UI perangkat lunak MR. Misalnya, gambar MR biasanya disimpan sebagai sesuatu yang disebut SOP penyimpanan gambar MR. Kebanyakan PACS dapat menyimpan dan melihatnya. Namun jika pengaturan ini secara tidak sengaja diubah ke SOP penyimpanan gambar Enhanced MR, maka Anda sendiri yang mengalami masalah. PACS lama mungkin tidak dapat menyimpan atau melihat gambar kelas ini.
Tidak ada perubahan SOP kelas? Saya rasa kita belum selesai. Mari kita lihat langkah bonus 11.
Alasan bonus. Sudah ada studi di sana dengan SOP Instance UID yang sama
Ini adalah alasan bonus karena sebagian besar PACS tidak dikonfigurasi dengan cara ini. Jika sudah ada image di PACS dengan SOP Instance UID yang sama, terkadang image baru tidak dapat disimpan. Hal ini bisa terjadi jika gambar dikirim ke PACS lebih dari satu kali dengan UID yang sama. Ini sangat bergantung pada pengaturan PACS Anda. Kebanyakan PACS hanya menerima gambar baru dan mengganti gambar lama. Beberapa PACS mengabaikan duplikat tetapi menerima gambar baru apa pun yang datang untuk kedua kalinya. Kemudian beberapa PACS memang keras kepala. Mereka tidak akan menerima gambar apa pun meskipun gambar baru disertakan dalam set. Beberapa PACS mungkin memblokir duplikat pada tingkat UID contoh studi, bukan pada tingkat UID contoh SOP. Dengan kata lain, ini akan memblokir keseluruhan penelitian, dan bukan hanya gambar duplikat. Anda tidak ingin pengaturan ini diaktifkan di PACS Anda, itu sudah pasti. Anda mungkin ingin mengizinkan PACS Anda untuk memperbarui gambar yang ada jika gambar yang sama dikirim lagi. Konfirmasikan kebijakan organisasi Anda sebelum melakukan perubahan ini.
Sumber : Sameh Moussa

